Model Kebaya Bali Terbaru dan Modern! Inspirasi untuk Wanita Masa Kini

Diposting pada

Modelmu – Kebaya Bali merupakan pakaian tradisional yang sering dikenakan oleh wanita Bali ketika melakukan ritual keagamaan maupun menghadiri event khusus. Berbagai model kebaya Bali yang sering dikenakan memiliki ciri khas berupa selendang yang diikatkan di area pinggang.

Ciri khas lainnya dari kebaya Bali adalah pengaplikasian warna kebaya yang lebih menekankan warna yang kuat seperti kuning, pink, oranye, dan sebagainya. Kebaya dengan warna-warna tersebut kemudian dipadukan dengan selendang yang memiliki warna kontras atau lebih kuat.

Karena banyak diminati oleh kalangan umum, pakaian ini juga mengalami berbagai modifikasi, entah itu dari segi hiasan, ukuran lengan, atau potongan modelnya. Modifikasi dari jenis kebaya ini juga bisa terlihat dari material kainnya serta penggunaannya yang tidak hanya untuk acara ritual saja.

Model Kebaya Bali Terbaru 2018 dengan Desain Modern

Saat ini, para wanita Bali mengenakan model kebaya Bali terbaru untuk ke pura. Model kebaya ini umumnya lebih sederhana karena dipergunakan untuk mengunjungi tempat suci keagamaan, yaitu pura. Potongan pakaiannya yang lebih tertutup umumnya lebih mengaplikasikan warna kalem seperti putih, biru, atau lainnya.

Model Kebaya Bali Terbaru 2018

Selain digunakan untuk ke pura, ada pula kebaya Bali yang khusus dirancang untuk momen wisuda. Model kebaya Bali untuk wisuda ini umumnya dirancang lebih mewah. Selain pada selendang pinggang atau rambut juga bisa dilengkapi dengan hiasan menyerupai bros berwarna senada.

Model Kebaya Bali dengan Motif Rangrang Terpopuler

Pada awalnya, pakaian kebaya yang dikenakan oleh wanita Bali merupakan kain biasa yang dikenakan dengan dililitkan ke tubuh. Pada beberapa model kebaya Bali modern yang saat ini bisa ditemukan, Anda akan melihat beberapa model yang menggunakan beraneka jenis kain sebagai pelapisnya, mulai dari kain sutra hingga songket sekalipun.

Model Kebaya Bali untuk Acara Pernikahan dengan Gaya Tradisional

Walaupun telah mengadaptasi unsur modern, ada pula jenis kebaya Bali yang tidak berubah ciri khas jenisnya. Model kebaya Bali yang dimaksud adalah kebaya Bali Rangrang. Sesuai namanya, jenis kebaya ini menggunakan paduan kain motif rangrang sebagai bawahannya.

Model Kebaya Bali dengan Motif Rangrang

Model Kebaya Bali Modifikasi Paling Lengkap

Pada umumnya, kebaya Bali ini mengalami berbagai modifikasi agar dapat dikenakan oleh kalangan wanita manapun. Menyinggung perihal modifikasi pada kebaya Bali, ada dua model kebaya Bali yang mengalami modifikasi. Kedua model tersebut adalah:

Model Kimono

Sesuai namanya, model ini mengadaptasi bentuk kimono yang lurus memanjang ke bawah. Karena karakteristiknya, model kebaya Bali lengan panjang ini sering dipilih kalangan wanita berhijab untuk dikenakan pada acara-acara khusus. Tentu saja, atasan kebaya menggunakan pakaian pelapis yang tidak transparan.

Kebaya Bali Modifikasi dengan Model Kimono Terbaru

Model Lonceng

Berbeda dengan model kimono yang panjang lengan maupun bawahannya, model lonceng lebih sering diaplikasikan pada bagian lengan dari kebaya ini. Jadi, semakin ke ujung lengan kebaya, semakin melebar pula lengan pada kebaya tersebut. Adaptasi ini bisa diaplikasikan pada model kebaya Bali lengan pendek maupun panjang.

Kebaya Bali Modifikasi dengan Model Lengan Lonceng

Selain mengalami modifikasi berdasarkan dua hal di atas, ada pula model yang mendapat inovasi dari segi material kainnya. Kain brokat yang berguna untuk memperindah tampilan pakaian kini banyak diaplikasikan untuk membuat model kebaya Bali brokat yang menarik. Kain brokat tersebut terkadang juga dikombinasikan dengan kain transparan untuk menciptakan efek hiasan yang menarik pada keseluruhan tampilan.

Kebaya Bali Modifikasi dengan Model Lengan Lonceng Terbaik

REKOMENDASI: Model Kebaya Modern dengan Berbagai Jenis Lainnya!

Jadi, bisa disimpulkan bahwa model kebaya Bali yang saat ini banyak dijumpai memiliki beragam perubahan. Walau begitu, perubahan tersebut tidak mengubah ciri khas dari busana itu sendiri, misalnya pada penggunaan kain selendang yang diikatkan pada pinggang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *